Dibalik sebuah alasan

Pagi ini menjelang siang hari, eh .. lagi-lagi hujan lagi! Padahal sudah dua hari berturut-turut, rencanaku untuk pergi berbelanja ke supermarket, sekalian aku juga akan mencari kosmetik ke toko department store, tertunda! Hari ini eh .. TERTUNDA lagi! Dengan cuaca seperti ini aku malas keluar rumah. Jalanan basah, tanah di pinggir trotoar menjadi becek dan kotor. Repot, nanti sepatuku kotor pula, karena berjalan dan menginjak tanah becek! Ah .. ada saja alasan yang memadamkan api semangatku untuk keluar rumah. Maka aku memilih dengan senang hati, menunggu sampai hujan berhenti! Saat menunggu seperti ini, aku tidak mau membuang waktu dengan percuma, maka duduklah aku menghadapi komputerku dan aku mulai mengetik apa saja.

Rencanaku pagi ini jam sembilan, sudah keluar rumah. Karena aku ingin membeli ayam di supermarket. Aku akan memasak sup ayam. Kentang dan wortel sudah aku kupas buang kulitnya dan dipotong kecil-kecil persegi empat. Semula pikirku, jam 11:00 aku sudah akan kembali ke rumah lagi, membawa belanjaanku. Yaitu satu gelondong ayam untuk direbus, daun bawang satu ikat yang akan aku iris halus untuk ditabur diatas sup ayam. Ternyata tidak keburu lagi waktunya, karena saat ini sudah jam 12:00 siang, di luar masih hujan walaupun cuacanya terang benderang.

Aku meramalkan hujan akan segera berhenti satu jam lagi. Selanjutnya aku akan segera berangkat pergi menuju halte trem yang akan membawaku ke pusat kota. Perjalanan trem dari rumahku ke pusat kota, dimana aku akan berbelanja, membutuhkan waktu 20 menit. Berbelanja sampai selesai kurang lebih satu jam. Lalu balik ke rumah lagi dengan trem. Perkiraanku sekitar jam 15:00 siang tentunya aku sudah tiba di rumah kembali.

Sup ayam yang rencananya akan dimasak sebagai pelengkap makan siang, terpaksa harus berubah menjadi makanan pelengkap dinner. Gara-gara hujan, rencana jadi berubah. Padahal kalau mau jujur, bukan suatu halangan untuk mewujudkan rencana yang sudah berkali-kali tertunda itu. Bukan alasan yang tepat menyalahkan turunnya hujan!

Betul, hujan hanya merupakan alasan yang dicari-cari saja!

Buktinya kemarin, cuaca di luar sangat cerah, sinar matahari berlimpah-limpah dengan terang bendarangnya menyinari bumi, jalananpun bersih, tidak basah dan tidak kotor. Namun aku telah menunda keluar rumah juga, dengan alasan yang berbeda pula.

Sebetulnya ada apa dibalik alasan itu? Tentunya aku sendiri yang tahu betul. Yaitu aku hanya malas saja!

Iya, MALAS keluar rumah!

Itu saja!

Aku memang lebih suka diam di dalam rumah. Membaca buku dan menikmati ketenangan. Yang sangat membuat aku betah, yaitu bila aku sedang membaca blog, yang penulisnya dari berbagai ragam profesi. Begitu banyak bacaan yang disajikan di dunia maya ini, yang dapat kita baca melalui perangkat komputer.

Suatu hari aku sempat membaca blognya emak-emak. Hmm.. judulnya lucu dan menarik! Aku tersenyum sendiri ketika membaca komentar dari emak-emak yang juga menemukan blog itu dan termotivasi untuk belajar menulis. Sekaligus saat itu timbul juga semangatku untuk berlatih menulis.

Bertalu-talu semangat itu berdendang ria dalam hati dan pikiranku. Bagaimana caranya supaya aku dapat mewujudkan keinginanku untuk menulis? Langkah pertama, aku mulai belajar dulu membuat blog di WordPress. Blog sudah ada, tapi kosong melompong! Sekarang aku tidak tahu, mau menulis apa?! Aku mulai berpikir lagi, kenapa aku tidak mencoba menulis apa saja.

“Ya, apa saja!

Apa saja yang saat ini sedang melintas dalam pikiranmu!”

Betul, itu lah bahan tulisan yang ada! Ayo, coba ketiklah sekarang juga! Oh.. aku masih sedang berdialog dengan diriku sendiri ketika aku sedang menulis sampai pada kalimat ini.

Coba, baca tulisanmu dari atas sampai ke bawah!

Betul, akhirnya sampai juga ketikan jari tanganku mendarat di blog ini.

Oh, ternyata aku sudah menulis!

Menulis sebuah cerita!

Sebuah cerita tentang alasanku pagi ini tidak keluar rumah!

Cheers!

Apakah Anda juga, sudah menulis hari ini? ;–)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s