Sarung Tangan

Tadi dalam perjalanan naik trem menuju ke kota, aku mampir di toko Drogerie “Schlecker”. Hampir di setiap kota di Jerman ada toko Drogerie, yaitu toko yang menyediakan keperluan sehari-hari seperti,

– produk makanan suplemen (teh, essense, sari makanan, vitamin dan lainnya)

– produk perawatan kecantikan dan Wellness (cream perawatan tubuh dan kulit, kosmetik, parfum dan minyak wangi murah meriah yang mungkin setara dengan minyak wangi Ikan Duyung made in Indonesia Jadoel, yang gampang menguap dan harumnya menyengat nian – disini juga ada ternyata minyak wangi seperti itu! dan lainnya)

– produk bio reform dan produk makanan dari tumbuh-tumbuhan

– barang-barang untuk kebutuhan rumahtangga lainnya dan perkakas kebun.

Jaringan toko Drogerie “Schlecker” bertebaran hampir di setiap kota di Jerman. Namun sayang saat ini bisnisnya sedang diambang kebangkrutan. Tokonya harus segera dikosongkan dalam waktu singkat. Oleh sebab itu barang-barang yang masih ada, harus segera terjual, tentu saja dengan harga yang dibanting murah, dengan harga diskon 30% hingga 50%.

Banyak orang yang sengaja datang ke toko itu. Kebanyakan ibu-ibu. Salah satunya aku. Tujuanku mau memborong beli sarung tangan karet yang pernah aku beli dulu di toko itu. Sarung tangan karet yang aku maksud itu ternyata bagus sekali, dipakainya enak dan awet, tidak mudah bocor atau robek. Tidak ada dijual di toko lain atau mungkin aku belum menemukannya di tempat lain.

Begitu masuk ke dalam toko, cepat-cepat aku menuju ke deretan rak yang menggantung bermacam-macam sarung tangan. Nah ketemu nih, ternyata sarung tangan yang aku maksud tinggal satu! Langsung aku ambil, ukurannya small, persis seperti yang aku cari. Dapat satu juga tidak mengapa, buatku sudah cukup sebagai serep.

Sarung tangan apaan sih, kok sampai dikejar-kejar beli di toko yang sedang mau bubar itu? Iya, ini sarung tangan istimewa buatku, maka harus aku tulis disini. Pada kemasan plastik sarung tangan itu tertulis begini:

New! SPONTEX Grand Comfort : für alle Arbeiten im Haushalt, insbesondere Putzarbeiten mit kaltem und warmem Wasser.
Deutlich trockenere Hände
Mit extra geschmeidigem Baumwollstrick auf der Innenseite (100% Cotton)
Besonders lange haltbar
Allergen tested.

Terjemahannya :
Baru! Spontex Grand Comfort : untuk semua pekerjaan di rumahtangga, terutama pekerjaan bebersihan dengan air hangat dan air dingin.
Tangan tetap kering
Bagian dalam dilapisi dengan bahan katun yang sangat lembut (100% katun)
Tahan lama bo!
Sudah di test allergi.

Anehnya, pada bagian belakang kemasannya, tertulis “Made in Malaysia”.

Setelah aku mendapatkan sarung tangan Spontex ini, segera aku menuju ke kasir untuk membayar. Wah, ternyata harus antri pula! Sambil menanti giliranku, aku menebarkan pandanganku ke sebelah kanan, disitu ada rak kecil berisi barang yang kecil-kecil pula, seperti batu baterai, ear-phone, dan barang-barang produk elektrik kecil. Seorang ibu tua berjalan mondar-mandir mengelilingi deretan rak-rak yang sebagian besar sudah kosong. Namun kelihatannya dia tidak menemukan sesuatu yang dia butuhkan, sampai akhirnya dia menuju ke rak kecil di sebelah kananku. Dia mengambil satu pak batu baterai, dipegang, dibolak-balik, dilihat cukup sekali, lalu ditaruh lagi di atas rak. Tidak jadi dia ambil.

Giliranku tiba, sekarang aku ada di depan kasir! Zwei-neunundsiebzig! Aku membayar dengan uang pecahan logam, sebesar 2,79 Euro. Pada bon kulihat harga sarung tangan Spontex 3,99 Euro. Diskon 30% sebesar 1,20 Euro. Lumayan beli barang dapat diskon.

Kasihan pegawai yang bekerja di toko “Schlecker”, sudah terkenal disitu gajinya kecil, sekarang harus pula kehilangan pekerjaannya dalam waktu dekat. Lebih prihatin lagi, karena jumlah pengangguran akan bertambah banyak. Kejahatan juga diduga akan meningkat. Orang yang mendadak sakit jiwa, atau terganggu jiwanya akan semakin merebak di mana-mana, namun tidak kentara di masyarakat.

Harapanku, suatu hari aku dapat menemukan lagi sarung tangan Spontex ini di toko lain.

Cheers!

Salam baca dan tulis.

Leave a Reply

