(Catatan Rohani) HAKEKAT DOSA

Dosa adalah penghancuran relasi-etis :

a) yang dihancurkan adalah relasi antara Manusia dengan Dirinya.

Dosa dalam hal ini adalah penyangkalan terhadap gambar Allah. Maka orang yang mau mengikut Yesus harus menyangkal dirinya. Sebab apa? Sebab sudah terjadi perubahan drastis, perubahan total, dia harus menyangkal dirinya sendiri yang sudah jatuh untuk kembali kepada gambar Allah.  Manusia menyangkali batas kemampuan dirinya, dia tidak puas terhadap dirinya sendiri: mengapa tidak seperti Allah. Padahal dia sudah seperti Allah, tetapi dia tidak puas seperti Allah yang seperti itu, dia ingin lebih lagi. Menyangkali batas kemanusiaan dirinya = tidak mau takluk pada ketetapan Allah terhadap dirinya, tidak mau dibatasi oleh Allah. Sikap manusia disini: TIDAK PUAS = TIDAK BERSYUKUR.

b) Menyangkal Allah yang Sejati.

Allah sudah memberikan batas-batas kemanusiaan bagi dirinya yaitu sebagai gambar Allah. Tetapi manusia ingin menjadi seperti Allah, dalam hal martabat, kedudukan dan kuasa. Dia ingin setara dengan Allah dengan cara menolak Allah sebagai Allah. Sikap manusia disini : CONGKAK.

Dua sifat yang penting sekali untuk mengerti KEJATUHAN: yaitu 1) tidak puas = tidak bersyukur. 2) congkak.  Jadi dosa yang pertama kali adalah: manusia yang tidak puas + tidak bersyukur dan congkak terhadap Allah.

JALAN untuk kembali kepada Allah harus rendah hati dan puas atas segala anugerah Allah. Tidak bersyukur = dosa besar!

LANGKAH MANUSIA DENGAN SENGAJA UNTUK MENGHANCURKAN RELASI-ETIS, yaitu 1) pada satu sisi manusia memutlakkan diri dan pada sisi lain manusia mendewakan diri sendiri. Allah = Mutlak, sedangkan manusia = tidak mutlak. Tetapi disini manusia memutlakkan diri dan mendewakan dirinya.

Waktu manusia memilih untuk berdosa, dia bersekutu dengan setan, dia pindah posisi ke blok setan.

Kejadian 3:5 = tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Genesis 3:5 = “For God knows that in the day you eat of it your eyes will be opened and you will be like God, knowing good and evil.” (NKJV)

1. Mose 3:5 = sondern Gott weiss: an dem Tage, da ihr davon esset, werden eure Augen aufgetan, und ihr werdet sein wie Gott und wissen, was gut und böse ist.

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s