TRAVEL

Negara dan kota yang pernah aku kunjungi.

 

SINGAPORE

 

DSC06205x1000 Penjual es cream potong    Penjual Es Potong di Spore-02 depan lucky plz

Bapak Tua penjual Es Cream Potong di seberang  Lucky Plaza,  Orchard Road, Singapore.

Es Cream Potong :

Ini es cream favorit saya, yaitu es cream potong yang di sepanjang jalan Orchard Road.  Banyak yang jual berderet-deret tiap beberapa meter pasti ketemu.  Penjualnya kebanyakan orang tua, ada yang pasangan suami-istri jualan es, masih kuat dan semangat. Gerobak berisi peti es dagangannya itu campur aduk isinya, ada minuman botol, es cream potong dengan beraneka rasa,  dirakit bergandengan dengan sepeda motor yang sudah tua pula. Ada juga yang dengan sepeda butut.

Kalau ada pembeli, penjualnya seringkali harus mengaduk-aduk isi peti boxnya mencari es cream yang diminta pembeli. Kelihatan gerakan tangannya masih sangat gesit, dengan tenang saja melayani pembeli tanpa banyak bicara atau basa-basi bilang terima kasih sudah membeli es saya?🙂

Pak Tua penjual es yang berbaju kaos merah ini, begitu selesai memotong es cream pesanan saya,  dia serahkan begitu saja tanpa bilang terima kasih, saya berikan uang koin dia terima tanpa lama2 meneliti betul tidak uangnya, langsung dia masukkan uang koin itu ke dalam kaleng yang sudah butut pula. Dia sibuk lagi melayani pembeli yang sudah antri panjang melingkar menunggu giliran dilayani. Harga es cream potong yang beraneka rasa (ada rasa vanilli, kacang ijo, jagung manis, strawberry, coklat, choco-mint, nata de coco  dll. ..) dengan roti tawar atau dengan Biskuit di hargai hanya  1 Dollar SGD.

Tua muda yang suka beli es cream potong ini kebanyakan menikmatinya sambil jalan pelan-pelan di sepanjang trotoar  atau duduk-duduk di atas kursi kayu panjang yang ada di sepanjang jalan Orchard.  Merasakan suasana ramai orang hilir mudik dari segala macam bangsa, tidak terasa es creamnya sudah habis. Lalu jalan sedikit lagi, didepan mata sudah ketemu lagi penjual es cream potong dan yang jualan hampir kebanyakan orang tua lagi. Gerobaknya juga seragam, warna merah, payungnya juga merah menyala. Merek es cream potongnya ada Langenese, Campina, Walls.

Singapore memang lain dengan Indonesia. Ada program dari pemerintah memberi kesempatan kepada para orang lanjut usia yang masih sehat untuk bekerja. Dari mulai masuk Airport Changi, terlihat yang membersihkan toilet adalah para Ama-ama tua, ada yang berkeliling sekedar memungut bungkus permen yang dibuang orang sembarangan di atas karpet.  Juga ada opa-opa yang kerjanya berdiri disamping tangga Eskalator membersihkan pegangan tangga Eskalator dengan kain pembersih.

Bila kebetulan Anda sedang berada di Singapore, jangan lewatkan kesempatan mencicipi es cream potong, yang mirip dengan es jadoel di Jakarta.🙂

***